gravatar

SEO #4 : Memberi Makan Si Robot

Menu untuk manusia sudah di bahas di SEO #3. Tetapi google bukanlah manusia. Google adalah robot yang disusun berdasar algoritma algoritma tertentu. Kalau end user menghendaki konten yang manusiawi, enak dibaca dan bermanfaat, maka google suka konten yang roboti.

Menurut penerawangan para pakar SEO robot ini sangat suka pada konten yang unik. Maksud dari unik adalah berbeda dengan yang lainnya. Tidak ada padanannya. Bisa dijamin bahwa postingan yang berbeda dengan yang lainnya akan cepat terindex google.

Berdasar banyak pengamatan juga, postingan yang unik ternyata lebih dihargai dari pada postingan hasil kopasan. Ini terutama sangat berpengaruh pada Page Rank dari postingan atau situs atau blog yang bersangkutan.

Membuat postingan yang enak dibaca, bermanfaat dan unik tidak lah mudah. Lihatlah betapa banyaknya blogger yang dalam blognya didominasi konten kopasan. (blog ini salah satunya!. Mosok lirik lagu dirubah!). Beberapa tip yang bisa digunakan bagi mereka yang suka kopas kopas, agar naskahnya menjadi unik adalah :
  1. Kopas 2 atau lebih naskah yang seisi, senada, sebahasan. Pahami isinya, lalu tulis ulang dengan bahasa sendiri. Ini paling joss!
  2. Usahakan kopas dari blog atau situs dengan PR tinggi atau trafik tinggi, sehingga ketika kita memberikan backlink sumber, tetap ke situs besar.
  3. Kalau tidak mau merubah atau merangkum dan hanya dari satu naskah saja, setidaknya berikan tambahan paragraf awal dan paragraf akhir dengan tulisan Anda sendiri.
  4. Kalau tetap malas juga, permak paragraf awal dan paragraf akhirnya. Ganti dengan kata kata sendiri.
  5. Kalau tetap masih malas juga, ganti setiap kata dengan padanannya yang sekiranya bila dibaca masih enak. Ha ha ha
Ini dulu, mudah-mudahan bermanfaat dan semoga betul :)

gravatar

Berkunjung pagi dan tetap semangat!!

Terima kasih pak atas komen2 nya di Cerita Hujan, duh, aku jadi ga enak ternyata aku lupa follow balik Blog ini. Maaf ya pak... ^_^

Tips SEO yang mantaf pak!! aku ikuti dan aku juga sedang berusaha untuk tidak Copas walau kadang masih juga sih klo keabisan ide, hehehehe

gravatar

nah, kalau unsur ko-pas masih dominan, misalnya kita tambahi paragraf awal dan akhir, mari tulis nama sumbernya. :) sugeng enjang qe3

gravatar

::salam blogger::
Kasih makan robot dari "ludah" robot juga bisa to pak ? kira-kira robot itu mikir tidak yah kalau dia makan "ludah" nya sendiri. atau mungkin robot juga punya pepatah "menjilat ludah sendiri" pak? hi hi hi

gravatar

Sebagai blogger sejati memang idealnya seperti itu. Tulisan yang orisinil, menarik, bermanfaat dan dicari orang menjadi dambaan kita semua. Trims sharingnya sobat.

Dengan sangat lagi hormat, mohon nggak naruh link di komen anda.. kesannya nyepam gitu... makasih. :D

Archive

Postingan Populer