gravatar

Mengapa Harus Beli Biji Tasbih

Biji Tasbih. Sapa orang muslim yang ga tau ini benda. Untaian bulatan bisa dari kayu, plastik, akrilik, biji buah kering atau apapun.  Manfaatnya adalah sebagai alat bantu menghitung wirid. dzikir dan doa yang dipanjatkan.

Terkadang setiap orang punya lebih dari satu biji tasbih ini. Kan sering tuh nerima oleh oleh kerabat atau handai taulan atau teman kerja atau teman apapun yang dari menunaikan ibadah haji ke Baitulloh. Makka Al Mukarromah.

Banyak yang menggunakan alat bantu ini untuk menghitung itu tadi. Banyak juga yang hanya menggunakannya sebagai gantungan di kaca depan mobil, tetapio banyak juga yang meletakkannya begitu saja dan melupakannya. Alasannya bisa macam macam. Salah satunya ngga biasa kemana mana bawa tasbih.

Tetapi ada lho alasan yang paling jos. Ternyata, kita sudah diberikan oleh Alloh SWT alat bantu untuk menghitung wirid, dzikir atau doa yang kita panjatkan. Dan pas menghitung sampai dengan 33. Satuan yang sering digunakan dalam wirid, dzikir atau doa. Apa itu? Jangan dengan ruas nya. Lhat gambar ya...

Nah. Jelaskan? Hitungan dimulai dari ruas jari kelingking paling bawah, ke atas dan balik lagi ke bawah. Teruskan sesuai urutan angka atau arah anak panah. Jumlah nya pas 33 ketika berakhir di ruas paling bawah ibu jari. Subhanalloh.

Silahkan dicoba. Gunakan ujung ibu jari untuk menghitung 1 s.d. 28 dan gunakan ujung jari telunjuk untuk meneruskan dari 29 ke 33. Selamat mencoba. 

Bukankah nanti kalau ditanya di akhirat, kau gunakan tangan mu selama di dunia, tangan bisa menjawab, salah satunya untuk menghitung wirid, dzikir dan doa?

...lanjutkan baca...
gravatar

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Organik

Makanan organik dibuat dari bahan bahan pangan organik yaitu bahan pangan yang dipanen dari budidaya tanpa penggunaan pestisida, fungisida mupun herbisida kimia.  Atau istilahnya Budidaya Tanaman Organik.

Manfaat konsumsi makanan organic.

Dewasa ini makanan organic mulai menjadi primadona, dan mulai diburu untuk konsumsi sehari hari. Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat makanan organic, antara lain:
  • Makanan organik meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan proses degeneratif, mencegah oksidasi radikal bebas, merangsang regenerasi sel, optimalisasi antibodi
  • Susu organik mempunyai lebih dari 60-80% kandungan gizi dibandingkan susu sapi yang tidak dibudidayakan secara organic.
  • Tomat, kentang, bawang, kubis Organik mempunyai  20-40% lebih kandungan antioksidan dibandingkan buah dan sayuran konvensional
  • Buah dan sayuran organik mengandung antioksidan 50% lebih banyak dibanding makanan non-organik. Mampu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit berat lain secara signifikan.
  • Lebih kaya zat besi dan zinc. Dan memiliki rasa yang lebih lezat dan aroma yang lebih kaya.
  • Lebih kaya gizi dibanding makanan non-organik.
  • Mengonsumsi makanan organik juga bisa memperpanjang umur dan mencegah berbagai macam penyakit.

Penyakit penyakit degenerasi biasanya disebabkan oleh radikal bebas dalam bahan pangan yang dikonsumsi. Bahan bahan makanan yang terpapar bahan bahan pengendali hama tanaman kimia, juga sering menjadi penyebabnya. Kanker sebagai contohnya. Kanker serviks salah satunya, adalah pembunuh nomer wahid di dunia wanita. Mengkonsumsi bahan pangan organik sejak dini akan mengurangi resiko terserang kanker serviks. Penggunaan Crystal X secara rutin juga akan menjaga tingkat keversihan dan kesehatan vagina, yang juga akan mengurangi resiko terkena Kanker Serviks.

...lanjutkan baca...
gravatar

Ta' kan

Dipopulerkan lewat album  Ta'kan. Dipopulerkan oleh Guest Band
Tahun 1990 | Produksi : Union Artis

TA'KAN

Tak tergapai jua cintamu padaku
Biar orang tuaku pada jalannya
Kita...satu cinta
Ungkap perasaanku
Aku cinta padamu
Kan kubuktikan oh, kasih...

Wow.. wow... cintaku ini
Jangan kauragukan
Tentang apa yang kita citakan berdua
Kita...satu cinta
Ungkap perasaanku
Aku cinta padamu
Kan kubuktikan oh, kasih...

Biarkanlah cinta kita berdua
Begini adanya
Tiada yang kan menghalangi
Cinta kita

Takkan kulepas dirimu kekasih
Takkan kulepas dirimu kasih
Biarkanlah cinta kita berdua
Begini adanya

Kau dan diriku
Takkan terpisahkan
Bagai langit dan bumi ini
Yang berpasangan


lagu ini asyik, rancak dan hmmm... ada nostalgila sendiri... kwk kwk kwk

...lanjutkan baca...
gravatar

Teman S.L.A.

Teman S.L.A. | Karya A. Riyanto | Dipopulerkan oleh Rafika Duri pada tahun 1978
Dalam Kaset Album Teman S.L.A | Produki Musica Studio


TEMAN S.L.A.
Sangat lucu memandang wajahmu
Sejak dulu teman sekolahku
Kau ramah sederhana menawan hatiku
Donny.. pemalu, kau mulai merayu
Kita teman biasa
Sama-sama S.L.A.
Jangan bilang soal asmara
Setelah dewasa apalah jadinya
Kalau nasib kan bertemu jua
Donny.. Donny.. kuingat adikku
Wajah manja penuh malu-malu
Janganlah kau tergoda
Oleh cinta asmara
Cita-citamu nan jauh disana
Lala lala lala..
Sinar dimatamu pancaran remaja
Kadang-kadang mendebarkan dada

Monggo  yang punya lagunya, saya dikabari... :D


...lanjutkan baca...
gravatar

Juara Yang Lancung

Judul bacaan di buku bahasa indonesia sekolah dasar kelas berapa ya? 70 an. Ketika Budi, Wati dan Iwan masih SD. Lancung itu tidak tulen, palsu, tiruan, tidak jujur, curang.

Dalam dunia usaha, dan dalam kehidupan sehari hari, sering terjadi kecurangan kecurangan dari sekala kecil sampai skala nasional. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan menyelesaikan satu pekerjaan. Dari mencontek saat ujian, nggabro, menjegal kawan, menjelek-njelekkan kawan, mengurangi timbangan dan lain lain sampai memanipulasi anggaran. Ngopas termasuk nggak ya?

Secara psikologis, mula mula dilakukan dengan perasaan was was dan takut. Seiring bertambahnya waktu, apabila dilakukan secara terus menerus, akan menjadi kebiasaan dan lama lama menjadi karakter. Namanya juga karakter, sudah melekat bawaannya curang mulu.

Bagaimana sikap terbaik menghadapi kecurangan apalagi bila menyangkut dengan proses yang sedang kita tempuh?

Ikut dalam aksi curang adalah pilihan yang mendomasi keinginan. Biasanya begitu. Tapi mengikuti keinginan, kemudian menyusun bluprin kecurangan baru, hanya akan menunjukkan bahwa kita sama dengan pelaku curang itu. Bedanya cuma satu, mereka curang duluan, dan kita belakangan. :D

Belajar memahami bahwa rizki kita, proses kita tidak lah berbanding terbalik dengan tingkat kecurangan mereka, adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Belajar memahami bahwa proses kita, hasil kita berbanding lurus dengan tingkat ikhtiar horizontal – vertikal kita, adalah pilihan jitu. Begitu saya sering kali dinasehati oleh senior senior saya. Bahwa intinya kecurangan itu hanya berpengaruh pada pelakunya dan tidak berpengaruh kepada kita. Susah memang.

Energy yang dikeluarkan untuk menyusun bluprin dan aksi kecurangan, tidak bisa dipungkiri adalah energy negatif yang panas. jauh lebih baik bila kita fokuskan lagi pada strategy baru untuk menajdikan kita lebih maju. Susah memang!

Upline saya yang luar biasa, Pak Ikhsan meyakini bahwa Sunnatulloh lah yang akan bicara.

Hasbunallohu Wa Ni’mal Wakiil

Monggo silahkan dikomeni…..

...lanjutkan baca...
gravatar

Se-konyong2 Kodher

Cintaku sekonyong-konyong kodher
Karo kowe cah ayu sing bakul lemper
Lempermu pancen super resik tur anti laler
Yen ra pethuk sedina neng sirah nggliyer

Cintaku sekonyong-konyong kodher
Paribasan durung ndemok wani panjer
Modhal bensin seliter… montorku tak stater
Tak ampiri ayo tak jak muter-muter

Tiwas aku dandan mlithit
Rambutku lengane pomit
Malah kowe lunga plencing
Ora pamit mit..mit..mit.mit….


Biiir..temu lawak
Nggon ku mikir neng awak nganti rusak
Rusak..njaba njero,
Sing tak pikir jebule kaya ngono!

Kembang jambu gogrok dipangan uler  ler
Cintaku sekonyong-konyong kodher
Uler keket mlakune klogat-kloget
Alaa jabang bayi’…. jebul aku kena pelet…

powered by : Crystal X

...lanjutkan baca...
gravatar

Tanjung Mas Ninggal Janji

«

Bebasan kaya ngenteni
Udan ing mangsa ketiga

Nadyan mung sedhela ora dadi ngapa
Penting bisa ngedhemke ati

Semono uga rasaning atiku
Mung tansah nunggu tekamu
Ra krasa setahun kowe ninggal aku
Kangen…kangene atiku….

Aku sih kelingan nalika ing pelabuhan
Kowe janji lunga ra ana sewulan
Nanging saiki, wis luwih ing janji
Nyatane kowe ora bali-bali

Neng pelabuhan Tanjung Mas kene
Biyen aku ngeterke kowe
Neng pelabuhan Semarang kene
Aku tansah ngenteni kowe…

powered by : Crystal X

...lanjutkan baca...
gravatar

Ngayogjakarta

Ngayogyakarta

Kuthane aman berhati nyaman

Kota seniman

Kota pelajar lan kabudayan

 

Malioboro trus ngidul kuwi kraton Yogja

Kantor Pos gedhe ngarepe Senisono

Ning dhek mbiyen saiki wis ora ana

Benteng Van den Brugh biyen panggonane Londo

 

Golek gudheg neng Wijilan mesthi ana

Ndelok munyuk lan gajah neng Gembiroloka

Arep santai neng laut bablas ngidul kana

Parangtritis Parangendog Parang Kusumo

 

Bantul Praja Tamansari

Ben ra ucul yo digondheli

Sleman Sembada

Eman-eman marahi gela

 

Tuku manuk neng Ngasem sor Pulo Cemeti

Kaliurang nggon adhem neng lereng merapi

Cemilane jadah tempe bacem ngangeni

Guwa Slarong ngelingake perang jaman Kompeni

 

Gajahmada IAIN Kalijaga UII

Panggonane wong pinter sing padha study

Stasiun Tugu Lempuyangan nggon kereta api

Numpak sepur seka kana tekan ngendi-endi

 

Gunungkidul Handayani

Bacut ucul angel nggoleki

Kulon Progo Binangun

Karo kanca mbok yo sing rukun…..

 

Melody……………..

 

Kuthane aman berhati nyaman

Kota seniman

Kota pelajar lan kabudayan

 

Borobudur Prambanan kuwi candi gedhe

Tamansari pemandian neng kali Bekase

Tari Srimpi lan Gambyong sak gamelane

Yen ditonton mesthi wae yo nyenengake

 

Daerah Yogja ana papat kabupatene

Gunungkidul Sleman Bantul Kulon Progo batese

dalat sangi lan nyothe kuwi basa premane

Yen tak pikir aku mesthi kekelen dhewe

 

Sanga papat punjul enem

Menawi lepat nyuwun ngapunten

Sanga papat punjul enem

Kula niki lulusan Pakem..??

 

Sikil nggudhik aja dikukur lan dithithil

Tangan reged aja nggo nguthik-uthi upil

Sirah ngelu lan mumet padha ngombeya pil

Dadi uwong sing pinter aja dadi pokil

 

Susruk wajan nggo nggoreng krupuk kuwi sothil

Mbok sing anteng tangane aja padha nggrathil

Benik ucul dondomi ben ora prithil

Dadi uwong sing sugih aja dadi uthil……

powered by : Crystal X

...lanjutkan baca...
gravatar

Cintaku Jauh di Lampung

Cintaku oh… jauh di sana….

Di Lampung, di tanah seberang

Aku terpikat dirinya, aduh entah kenapa

Tak tahu apakah sebabnya

 

Wis rong tahun…. tak ada berita

Kangenku dhik, dalam hati membara

Mungkinkah tak merasa, dalam hati adinda

Kakanda rindu di tanah Jawa

 

Sedina (dhik) rasane setahun

Adhuh adhuh niki (niki) kepripun

Siang malam aku melamun (mun..mun..)

Biyen diajak kula kok mboten purun

 

Kepadamu…. hatiku merindu

Kepadamu dhik ngarep-arep sliramu

Lampung pulau Sumatra, bingung aku jadinya

Sakit rindu dhik pasti dia obatnya


powered by : Crystal X

...lanjutkan baca...
gravatar

Randha Kempling

Ndak pundi mbak ayu badhe tindak pundi

Dingaren tindak wae ora numpak taksi

Dhewek’an apa ora wedi

Timbang nganggur kula gelem ngancani

 

Kleresan mas alias kebetulan

Blanjane kathah rada kabotan

Yen purun mas enggal-enggal ngrencangi

tekan ngomah mangke kula opahi

 

E’ eh tobil….

wong legan golek momongan

Niki blanja…..

napa mbakyu badhe pindhahan

 

Ampun gela mas

sampeyan ampun kuciwa

kula randha

anyaran ditinggal lunga

 

Awan awan….

lunga blanja neng pasar pahing

Prawan randha kanggoku

Kagak patek penting….

 

Neng Semarang mas

Tuku gelang apa anting-anting

Jo sumelang….

Yo ben randha dijamin kempling….


powered by : Crystal X

...lanjutkan baca...
gravatar

Seroja

mari menyusun bunga
hiasan sanggul remaja puteri remaja
rupa yang elok dimanja jangan dimanja
pujalah ia oh saja sekadar saja

mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung
mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung
janganlah engkau percaya dengan asmara
janganlah engkau percaya dengan asmara

sekarang bukan bermenung dalam termenung
sekarang bukan bermenung dalam termenung
mari bersama oh sayang memetik bulan
mari bersama oh sayang memetik bulan

mari menyusun bunga
hiasan sanggul remaja putri remaja
rupa yang elok dimanja jangan dimanja
pujalah ia oh saja sekadar saja

...lanjutkan baca...
gravatar

Terserah

Jangan kau ganggu hidupku lagi
Sudah jelas kini yang kau mau
Kau sakiti hati ini ‘tuk kesekian kali
Memang ku cinta namun tak begini

(*)
Dimana arti sebuah kesetiaan
Bila hanya dalam ketekatan
Ku coba untuk bertahan
Namun aku tak sanggup
Sungguh tak mampu sayangku

(**)
kali ini
Sungguh ku tak kan perduli
Ku tak sanggup lagi
Jalani cinta denganmu

(***)
Biarkan ku sendiri
Tanpa bayang-bayangmu lagi
Ku tak sanggup lagi
Mulai kini semua

Back to *, ** , ***

...lanjutkan baca...
gravatar

Bersamamu

Memandang wajahmu cerah
Membuatku tersenyum senang
Indah dunia
Tentu saja kita pernah mengalami perbedaan
Kita lalui
Tapi aku merasa
Jatuh terlalu dalam cintamu
Ku tak akan berubah
Ku tak ingin kau pergi s’lamanya

Reff :
Ku kan setia menjagamu
Bersama dirimu dirimu
Sampai nanti akan s’lalu
Bersama dirimu

Saat kasih
Ku merasa bahagia dalam pelukmu
Tapi aku merasa jatuh terlalu dalam cintamu
Ku tak akan berubah
Ku tak ingin kau pergi s’lamanya

Back to Reff

Seperti yang kau katakan
Kau akan selalu ada
(Kau akan selalu ada)
Menjaga memeluk diriku dengan cintamu
Dengan cintamu

Back to Reff

Saat kasih
Ku merasa bahagia dalam pelukmu


powered by : Crystal X


...lanjutkan baca...
gravatar

Lirik Lagu Cinta Yang Lain - Ungu Feat Cryse

Lirik Lagu Ungu Untuk Teman Ronda Malam biar semakin nguantuk :D :D



Janganlah pernah kau harapkan aku
Untuk dapat mencintai dirimu
Coba renungkan dalam hati kita
Perpisahanlah yang mungkin terbaik

Reff:
Lupakan aku
Jangan pernah kau harapkan cinta
Yang indah dariku
Lupakan aku
Ku punya cinta lain yang tak bisa
Untuk kutinggalkan
Mungkin suatu saat nanti
Kaupun akan mengerti
Bahwa cinta memang tak mesti
Harus bersama
Kembali ke: Reff (2x)

...lanjutkan baca...
gravatar

Lirik Lagu Kristal Kristal Cinta - Heddy Yunus Irma June

Ini lagu masih saja enak didengar......
Kok ga ada yang mendaur ulang ya...
Trus kapan Nih PT Natural Nusantara bikin Lagu Crystal X Crystal X Cinta :D



Yang kusayang, yang kucinta
Hanya kau seorang
Dambaanku oh kasihku
Hanyalah dirimu

Rasanya ku tak percaya
Kudapat jumpa denganmu
Segalanya kan kuserahkan
Agar kau dapat jadi milikku

Ingin rasanya selalu bersama
Dekat dirimu
Ku tak kuasa tuk berpisah
Jauh darimu..

Jangankah sehari oh sayang
Sedetikpun tak sanggup
Tanpa dirimu…
Segalanya tlah kuserahkan
Agar kau tetap hanya milikku

Kristal-kristal cinta
Yang membeku dalam jiwaku
Akan kusimpan selamanya
Sampai akhir hidupku
Cinta kita kekal selamanya

Kristal-kristal cinta
Yang menyatu dalam hatiku
Takkan pudar selamanya
Sampai akhir hayatku
Cinta kita kekal selamanya

Masih Wuenak toooo??

...lanjutkan baca...
gravatar

Sonata Yang Indah - Robin Panjaitan

Kuingin duduk disisimu
Kuingin bernyanyi untukmu
Satu sonata yang paling indah
Menghantar khayalmu
Pada cinta kita

Kuingin manjakan dirimu
Kuingin membelai rambutmu
Satu sentuhan yang paling mesra
Mengantar tidurmu
Mimpi tentang kita

Katakan, katakan kau cinta padaku
Katakan, katakan kau hanya milikku

Kan kubawa kau ke langit biru
Kan kudendangkan lagu rindu untukmu
Dududu... dudu dudu...
Hu lala hu...

...lanjutkan baca...
gravatar

Rangking Pertama - Tomi Sumarni

Uuu..wa uuuu.. Uuuu.. Wow wow wow wow….
Didalam kelas, aku termenung
Ingat ulahmu dikantin tadi
Adakah kau hanya bergurau saja?
Kau bilang naksir padaku..

Rasa gelisah, dimana kamu?
Aku melirik ke bangku samping
Rupanya kau sedang tersenyum manis
Membut aku tersipu..

Kutunggu kamu di gerbang sekolah
Maukah kamu mengantarku pulang?
Aduh senangnya jalan kaki… bersama kamu
Lala lala.. bersama kamu… La la laaaaa…

Seindah dalam cerpen remaja
Bergandeng tangan, berlari kecil
Kau adalah cowok Ranking Pertama
Bangganya aku padamu……

Uu wa uuuuu… huu.. wow wow wowwwww…

...lanjutkan baca...
gravatar

The Reverse Of Stairway To Heaven

...lanjutkan baca...
gravatar

Chin Chin Pon Pon - Kotani Hiroyo

Huehh..... sahabat blogger, lama ndak jumpa, hampir 2 bulan. Maaf saya belum sempat berkunjung ke sahabat sahabat. Hi hi......... meski telat, tetap saya mengucapkan 'selamat hari raya idul fitri, mohon maaf atas semua kesalahan saya, tanpa pandang bulu. ! So pasti, sahabat blogger ndak perlu minta maaf ke saya sudah saya maafkan :D lha emang ga ada kesalahan kok! :D

Ini nemu kenangan masa kecil, ndak baik kalo ndak dibagi..... Silahkan disimak.........




la.. la la la la la
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon bacchii

la... la la la la la la
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon bacchii

mama ga yonderu oniichan
ofuro soro soro waitayo
terebi keshitesa hayaku
ofuro isshoni hairou

mendokusai na
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon dame ne
atsusugiru yo
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon yowamushi
nan miteruno sa
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon nani mo
yoku araina yo
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon aratteru yo

nande naze ka na wakannai
hora ne watashi to oniichan
marude chigau no yappari
mama to ne papa mo chigau yo

mendokusai na
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon dame ne
atsusugiru yo
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon yowamushi
nanmiteru no sa
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon nani mo
yoku araina yo
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon aratteru yo

aa mata miteru
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon dattee
me o marukushite
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon hen nee
mou yudacchau
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon doushite
mama bantsu dashite
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon fushigi nee
nani ga fushigi sa
chin chin pon pon chin chin pon pon
chin chin pon pon doushite ka na....

Semoga berkenan.........

...lanjutkan baca...
gravatar

Tamparan Sekeras-kerasnya Buat Saya

Dapat dari link di pesbuk. Beberapa bulan yang lalu. Tetapi isinya selalu mengiang di kepala. Dan tetap terasa keras tamparannya. Bagi yang sudah pernah baca, sekedar menyegarkan. Bagi yang belum semoga bisa menginspirasi. Ini link aslinya :

Gaza Tidak Membutuhkanmu!

Di atas M/S Mavi Marmara, di Laut Tengah, 180 mil dari Pantai Gaza.

Sudah lebih dari 24 jam berlalu sejak kapal ini berhenti bergerak karena sejumlah alasan, terutama menanti datangnya sebuah lagi kapal dari Irlandia dan datangnya sejumlah anggota parlemen beberapa negara Eropa yang akan ikut dalam kafilah Freedom Flotilla menuju Gaza. Kami masih menanti, masih tidak pasti, sementara berita berbagai ancaman Israel berseliweran.

Ada banyak cara untuk melewatkan waktu – banyak di antara kami yang membaca Al-Quran, berzikir atau membaca. Ada yang sibuk mengadakan halaqah. Beyza Akturk dari Turki mengadakan kelas kursus bahasa Arab untuk peserta Muslimah Turki. Senan Mohammed dari Kuwait mengundang seorang ahli hadist, Dr Usama Al-Kandari, untuk memberikan kelas Hadits Arbain an-Nawawiyah secara singkat dan berjanji bahwa para peserta akan mendapat sertifikat.

Wartawan sibuk sendiri, para aktivis – terutama veteran perjalanan-perjalanan ke Gaza sebelumnya – mondar-mandir; ada yang petantang-petenteng memasuki ruang media sambil menyatakan bahwa dia “tangan kanan” seorang politisi Inggris yang pernah menjadi motor salah satu konvoi ke Gaza.

Activism

Ada begitu banyak activism, heroism…Bahkan ada seorang peserta kafilah yangmengenakan T-Shirt yang di bagian dadanya bertuliskan “Heroes of Islam” alias “Para Pahlawan Islam.” Di sinilah terasa sungguh betapa pentingnya menjaga integritas niat agar selalu lurus karena Allah Ta’ala.

Yang wartawan sering merasa hebat dan powerful karena mendapat perlakuan khusus berupa akses komunikasi dengan dunia luar sementara para peserta lain tidak. Yang berposisi penting di negeri asal, misalnya anggota parlemen atau pengusaha, mungkin merasa diri penting karena sumbangan material yang besar terhadap Gaza.

Kalau dibiarkan riya’ akan menyelusup, na’udzubillahi min dzaalik, dan semua kerja keras ini bukan saja akan kehilangan makna bagaikan buih air laut yang terhempas ke pantai, tapi bahkan menjadi lebih hina karena menjadi sumber amarah Allah Ta’ala.

Mengerem

Dari waktu ke waktu, ketika kesibukan dan kegelisahan memikirkan pekejaan menyita kesempatan untuk duduk merenung dan tafakkur, sungguh perlu bagiku untuk mengerem dan mengingatkan diri sendiri. Apa yang kau lakukan Santi? Untuk apa kau lakukan ini Santi? Tidakkah seharusnya kau berlindung kepada Allah dari ketidak-ikhlasan dan riya’? Kau pernah berada dalam situasi ketika orang menganggapmu berharga, ucapanmu patut didengar, hanya karena posisimu di sebuah penerbitan? And where did that lead you? Had that situation led you to Allah, to Allah’s blessing and pleasure, or had all those times brought you Allah’s anger and displeasure?

Kalau hanya sekedar penghargaan manusia yang kubutuhkan di sini, Subhanallah, sungguh banyak orang yang jauh lebih layak dihargai oleh seisi dunia di sini. Mulai dari Presiden IHH Fahmi Bulent Yildirim sampai seorang Muslimah muda pendiam dan shalihah yang tidak banyak berbicara selain sibuk membantu agar kawan-kawannya mendapat sarapan, makan siang dan malam pada waktunya… Dari para ‘ulama terkemuka di atas kapal ini, sampai beberapa pria ikhlas yang tanpa banyak bicara sibuk membersihkan bekas puntung rokok sejumlah perokok ndableg.

Kalau hanya sekedar penghargaan manusia yang kubutuhkan di sini, Subhanallah, di tempat ini juga ada orang-orang terkenal yang petantang-petenteng karena ketenaran mereka.

Semua berteriak, “Untuk Gaza!” namun siapakah di antara mereka yang teriakannya memenangkan ridha Allah? Hanya Allah yang tahu.

Gaza Tak Butuh Aku


Dari waktu ke waktu, aku perlu memperingatkan diriku bahwa Al-Quds tidak membutuhkan aku. Gaza tidak membutuhkan aku. Palestina tidak membutuhkan aku.

Masjidil Aqsha milik Allah dan hanya membutuhkan pertolongan Allah. Gaza hanya butuh Allah. Palestina hanya membutuhkan Allah. Bila Allah mau, sungguh mudah bagiNya untuk saat ini juga, detik ini juga, membebaskan Masjidil Aqsha. Membebaskan Gaza dan seluruh Palestina.

Akulah yang butuh berada di sini, suamiku Dzikrullah-lah yang butuh berada di sini karena kami ingin Allah memasukkan nama kami ke dalam daftar hamba-hambaNya yang bergerak – betapa pun sedikitnya – menolong agamaNya. Menolong membebaskan Al-Quds.

Sungguh mudah menjeritkan slogan-slogan, Bir ruh, bid dam, nafdika ya Aqsha… Bir ruh bid dam, nafdika ya Gaza!

Namun sungguh sulit memelihara kesamaan antara seruan lisan dengan seruan hati.

Cara Allah Mengingatkan

Aku berusaha mengingatkan diriku selalu. Namun Allah selalu punya cara terbaik untuk mengingatkan aku.

Pagi ini aku ke kamar mandi untuk membersihkan diri sekedarnya – karena tak mungkin mandi di tempat dengan air terbatas seperti ini, betapa pun gerah dan bau asemnya tubuhku.

Begitu masuk ke salah satu bilik, ternyata toilet jongkok yang dioperasikan dengan sistem vacuum seperti di pesawat itu dalam keadaan mampheeeeet karena ada dua potongan kuning coklaaat…menyumbat lubangnya! Apa yang harus kulakukan? Masih ada satu bilik dengan toilet yang berfungsi, namun kalau kulakukan itu, alangkah tak bertanggung-jawabnya aku rasanya? Kalau aku mengajarkan kepada anak-anak bahwa apa pun yang kita lakukan untuk membantu mereka yang fii sabilillah akan dihitung sebagai amal fii sabilillah, maka bukankah sekarang waktunya aku melaksanakan apa yang kuceramahkan?

Entah berapa kali kutekan tombol flush, tak berhasil. Kotoran itu ndableg bertahan di situ. Kukosongkan sebuah keranjang sampah dan kuisi dengan air sebanyak mungkin – sesuatu yang sebenarnya terlarang karena semua peserta kafilah sudah diperingatkan untuk menghemat air – lalu kusiramkan ke toilet.

Masih ndableg.

Kucoba lagi menyiram…

Masih ndableg.

Tidak ada cara lain. Aku harus menggunakan tanganku sendiri…

Kubungkus tanganku dengan tas plastik. Kupencet sekali lagi tombol flush. Sambil sedikit melengos dan menahan nafas, kudorong tangan kiriku ke lubang toilet…

Blus!

Si kotoran ndableg itu pun hilang disedot pipa entah kemana…

Lebih dari 10 menit kemudian kupakai untuk membersihkan diriku sebaik mungkin sebelum kembali ke ruang perempuan, namun tetap saja aku merasa tak bersih. Bukan di badan, mungkin, tapi di pikiranku, di jiwaku.

Ada peringatan Allah di dalam kejadian tadi – agar aku berendah-hati, agar aku ingat bahwa sehebat dan sepenting apa pun tampaknya tugas dan pekerjaanku, bila kulakukan tanpa keikhlasan, maka tak ada artinya atau bahkan lebih hina daripada mendorong kotoran ndableg tadi.

Allahumaj’alni minat tawwabiin…

Allahumaj’alni minal mutatahirin…

Allahumaj’alni min ibadikas-salihin…


29 Mei 2010, 22:20

Santi Soekanto
Ibu rumah tangga dan wartawan yang ikut dalam kafilah Freedom Flotilla to Gaza Mei 2010.

...lanjutkan baca...

Entri Populer