gravatar

SEO #3 : Apa Menu Anda Hari Ini?

Link link sudah disebar. Follower sudah sak bajeg. Dan pengunjungpun berdatangan ke lapak Anda. Ke rumah Anda. Ke blog Anda. Apa yang ada di blog adalah perjamuan yang telah di persiapkan. C-box, Shoutbox dan sejenisnya adalah beranda rumah. Widget widget adalah pajangan.

Konten! Konten atau isi postingan adalah sajian yang disuguhkan kepada pengunjung. Namun demikian, kita tidak bisa memaksa pegunjung membaca apa yang kita suguhkan. Apalagi mengikuti ide kita. Bahkan memaksa melihatnya saja kita tidak bisa.

Bahwa betul mereka berkunjung karena kita juga berkunjung. Tetapi seberapa berkualitas kunjungan itu, sekehendak mereka. Komen dibalas komen. Nulis di c-box di balas hal yang sama. Dan jangan lantas jadi loro ati karena mereka menulis komen yang tidak berhubungan dengan isi postingan. Ya kalau mereka baca? Kalau tidak? Pertamax, absen gan.. dan sebangsanya.

Memancing mereka untuk membaca postingan, menu yang kita sajikan, itu yangg bisa kita lakukan. Apapun menunya, sajikan dengan gaya bahasa yang luwes, mengalir. Jadi diri sendiri dalam gaya menulis adalah hal yang layak untuk dipertahankan. Seperti ketika kita ngobrol, kira kira. Postingan yang tidak panjang juga akan memancing pengunjung untuk membaca. Pernah buka postingan yang baru loading saja sudah keliatan panjangnya ber puluh puluh paragraf? Eneg kan?.

Bagaimana kalau memang yang kita ingin sajikan adalah menu utama yang tak habis hanya dalam beberapa paragraf? Buatlah berseri.

Konten yang bermanfaat, menarik dan dibutuhkan oleh orang lain juga tak kalah penting. Biasanya berisi tentang tips, cara, gadget baru, hal baru, temuan baru. Bila sudah jadi, baca lagi bahan postingan. Sapa tahu ada hal yang terlewati.

Isi postingan adalah cara membangun trust - kepercayaan - pengunjung kepada kita. Menu yang enak yang membikin lidah bergoyang sampai pengunjung bisa bilang 'maknyus' dalam keikhlasan dan bukan sekedar basa basi nulis nais posting padahal -maaf- belum baca postingan, tentu saja akan membawa pengunjung kembali lagi ke blog kita. Bahkan tanpa kita follow mereka pun mereka akan follow kita. Minimal mereka akan bookmark blog kita! .

Pengunjung setia adalah seperti Anda merasa ingin tahu, apa isi postingan terbaru dari blog anu, misalnya. Kalau bisa, buatlah pengunjung pengunjung blog Anda merasa seperti itu. Nek ra mangan neg kono ki ra wareg. Berbeda apabila Mie yang Wati sajikan ndak enak blas. Sudah ndak enak, berat loadingnya pula! Bahkan dalam keadaan lapar pun Anda akan berpikir sepuluh kali untuk kembali ke sana. Gratis pun nggak mau.

Jangan lupa, judul yang menggoda gairah pengunjung untuk membaca juga hal yang sangat perlu. 10 langkah, 3 hal penting, 8 cara, 5 hal terbaru, Tips, Cara dan sejenisnya biasanya mempunyai daya gairah yang besar. Itu semua adalah sajian menu dari sisi manusiawi. Dari sisi end user.

Mau tau seberapa enak menu kita? Jangan percaya komen. jangan percaya c-box. Mintalah pendapat teman ngeblog Anda secara pribadi. Mudah mudahan saja mereka tidak ngapusi dalam memberi masukan. :-)

gravatar

menu hari ini oseng-oseng djangan pakies hhh.
analisis yang tepat sob, bagaimana kita mengolah dan menaman bibit pemikiran di blog kita. kalau kita rajin merawat, tentunya menghasilkan panen kepuasan yang tak terbeli dengan apapun

gravatar

::Salaman Dulu Pak::
Menu, menu, menu, menu, dan selalu saja yang menunuk yang banyak antrianya pak. Ibarat bakmi jawa, kalau ada yang menunuk, tanpa mempedulikan rasa, bahkan yang antri itu udah tau kalau nanti setelah bakminya jadi pasti rasanya biasa aja, loading page berat, widget bejibun, sogokan ads pop-up sak abrek, tetep ajah panteng....nunggu sang menunuk. To be continued deh koment nya, ndak kepanjangan ndak bagus he he....
::Salam Blogger::

Dengan sangat lagi hormat, mohon nggak naruh link di komen anda.. kesannya nyepam gitu... makasih. :D

Archive

Postingan Populer