gravatar

Rupiah Dipotong

Radio tjawang itu barusan memberitakan bahwa paklik Parmin gupernur propinsi bei akan memotong rupiah. Misalnya dari 1000 menjadi 1 rupiah tanpa mengurangi nilainya.

"Kui maksute gimana to pak Guru?", peyek mengawali obrolan siang itu sambil nyodorkan es teh pesenan pak Guru.
"Pastinya saya juga nggak tahu, Yek!. Tapi kira kira ... Es teh ini segelas berapa?", tanya pak Guru Sabri.
"Lha sampeyan juga sudah tahu to yo, seribu". Jawab peyek sambil minum air putih dari botol akua bekas.
"Lha nanti setelah pemotongan rupiah itu, harga es ini menjadi satu rupiah".

"Prttttttttt.... " Peyek kaget lalu menyemprtokan air yang diminumnya,"Edian opo? es teh kok segelas segelo? wedange mbiahnee po?"

"Lha kamu itu, lha wong le crito durung selesai sudah nyembur!", pak guru Sabri menghindar, "Gini lho, Yek, mas Peyek!.. nanti harga gula pasir dan es nya berubah, misalnya dulu sekilo sembilan ribu, mbesuk jadi sembilan rupiah"

"Kalau pariyo berapa mas Guru?", suara Menik tukang cuci keliling, tahu tahu sudah menthengik di dekat pak Guru Sabri.
"Weh yu Menik. Lha ya harga sekarang lalu di bagi seribu?"
"wuih murih banget ya? wah mudah mudahan lik Parmin jadi memotong rupiah. Nha mbok ngonokui jadi pejabat ki. Bisa memakmurkan rakyatnya." Menik kegirangan.

Inilah Endonesa.. pejabat baru ide baru. Belum lama berselang anggaran negara dikeluarkan untuk membuat atribut atribut kementrian di seluruh jajaran dari pusat sampai erte akibat perubahan dari departemen. Stempel, kertas surat, papan nama. Apa sih bedanya kementrian luar negeri sama departemen luar negeri. Habis berapa coba. Untungnya apa sih?. Mengapa tidak digunakan untuk hal hal yang betul betul bermanfaat untuk rakyat. Yang rada pada nggonduk adalah para pemilik departemen departemen stor itu. Lha sekarang namanya jadi kementrian stor. Ra gaul blash.. kata mereka.

Lik Parmin bilang bahwa tidak ada kebutuhan pencetakan uang dalam jumlah banyak ketika Pakdhe Ramli menengarai adanya kepentingan nyetak uang baru. Oke oke... bisa diterima. Tapi di sisi anggaran masyarakat, berapa ribu atau juta rim kertas bakalan dibuang dan diganti dengan yang baru. Opo tumon daftar harga kok urek urek an atau tip-ek an. Apa sampeyan nggak mikir ke sana, Lik Parmin?

Apa sampeyan itu, Lik Parmin, nggak mikir berapa energi dihabiskan rakyat kecil untuk sekedar ngrumpi ide sampeyan itu? Berapa puluh ribu bahkan juta peyek peyek dan menik menik bertebaran di seluruh endonesa ini yang ngrumpi masalah yang mereka sebenarnya nggak tahu itu?

Atau memang ini yang disebut dengan anestesi psikologi untuk rakyat kecil itu ya? Biar pada ngomongin yang nggak perlu agar lupa masalah sebenarnya.

O alah, bisa jadi apa betul apa kata Mas Adhi; "Kini semakin terbukti bahwa Parmin memang tidak "fit" dan tidak "proper" sebagai gupernur propinsi bei," ujar Adhie kepada Gardoe Djaga dot blogspot dot Kom.

Dari seberang jalan, pengamen pada koor "itulah endonesa!"

gravatar

ya mendengar juga berita tersebut, baru tadi malam ...di acara TV swasta. Gak tahu dah, mengenai masalah itu, selain tidak terlalu paham...juga selama ini program-program yang dijalankan pemerintah selalu dibarengi ketidaksiapan aparat dibawah dengan berbagai alasan. Seperti Program Konversi Minyak Tanah Ke Elpiji, puluhan kasus menjadi bukti bahwa ketidak siapan selalu berada didepan dari program-program yang sudah berjalan.

gravatar

pantesan negara jadi kere. ngecet atap gedung anggota hewan wae minta ganti rugi lek pong...

gravatar

wah saya melu seneng pakdhe, soalnya langganan internet jadi murih banget, jadi gur 45 gelo to pakdhe , tapi ya itu gaji karyawan harus tetep UMR jadi harga2 dibagi sewu, tapi UMR tetep 785 ewu, nyamleng to pakde.....

gravatar

@Aryadevi : sing penting ide baru :D
@Rawins : ha ha ha!
@Mas Fauzi : haneh inuk... dite mbahne po..

gravatar

yg penting semangat trs, ngeblog trs deh...
hehe...
ga nyambung


slm knl sob

gravatar

beritanya bikin panik aja nih, sebenarnya nilai uangnya sih sama tapi efek psikologinya yang bikin geger qe3 :D

gravatar

Sependapat dengan mas inung, nilai uangnya sih sama aja....

Ya, kita liat aja nanti kelanjutannya seperti apa .. :)

gravatar

memang terLihat semakin murah, tapi kaLo menurut saya diboLak-baLik niLainya sama saja. kecuaLi kaLau seperti yang disampaikan sahabat "monggo tindak yogya", baru itu namanya murah. hehehe...

terima kasih untuk foLLow baLiknya, saLam persahabatan.

gravatar

dari pada kebanyakan rencana tur lebih banyak urusan lain yang lebih manfaat lah mbok biyarin aja rupiah seperti sekarang ini. menurutku sih

kord gitar visit here

Dengan sangat lagi hormat, mohon nggak naruh link di komen anda.. kesannya nyepam gitu... makasih. :D

Postingan Populer