gravatar

Pitulasan

Banyak cara mengkespresikan rasa cinta kepada tanah air, kepada negeri, kepada Endonesa. Yang paling primitif adalah dengan memperingati kelahirannya. Bendera merah putih pun berkibar di mana mana.


Pusat layanan publik dari tingkat wc umum sampai kantor kepresidenan semua berbenah berhias agar terlihat jiwa patriotisnya. Ruang bisnis dari tingkat asongan sampai mol serempak memasang dominasi warna merah putih.



Bendera bendera, umbul umbul, gapura berbagai ukuran.

Tidak ketinggalan blog blog dari yang sekedar curhatan sampai situs bisnis, dari yang nggak tau apa itu seo sampai ke yang mahir memanipulasi konten dengan auto generated content. Semuaa berbenah, lihatlah, mereka pada ribut ganti template yang nuansanya kemerdekaan. Bahkan ada yang nekad pasang bambu runcing betulan di blognya. :D Lihatlah. blog ini juga memasang bendera merah putih seukuran layar penuh [dengan sekala 1:100]

Ada yang berpendapat, sebenarnya bukan alasan cinta atau tidak cinta. Tetapi karena alasan hiburan yang pingin di dapat saja. setelah setahun dijejali dengan informasi carut marut negeri ini yang babar blas jauh dari makna kemerdekaan. Setelah setahun berpikir besok mau makan apa, inilah saatnya untuk melupakan.

Pitulasan adalah pesta rakyat. Mereka tidak berpikir mereka benar sudah merdeka atau belum. Yang penting plorotan, balapan goni. ndhangdhutan, balapan kelereng, makan kerupuk. Itu sudah lebih dari cukup bagi mereka.

Kita lihat makna permainan yang ada dari kaca mata gerobak angkringan.

  1. Plorotan. Ini adalah protes dari kemerdekaan yang sebenarnya belum ada. Yang ada adalah penindasan. Feodalisme. Siapa di bawah saya injak injak sampai saya bisa di atas. .Coba plorotan itu hadiahnya diganti kursi dan pesertanya wajib pakai kaos partai. Pasti semakin jelas maksudnya.
  2. Balapan Bendera. Ini adlah protes dari negara yang sering dijadikan rebutan para petinggi dan pejabat. Di mana negara adalah aset yang seenaknya bisa mereka mainkan, sesuai kepentingan mereka. Untuk lebih seru, cobalah bendera itu diganti dengan logo pertamina, gambar kilang minyak, onggokan kayu hutan, uang pajak, hasil tilangan.
  3. Makan krupuk. Bagaimana mungkin di negri yang gemah ripah loh jinawi ini ada orang makan krupuk saja harus berebutan. masih diikat kebelakang pula tangannya. Proyeksi kepedihan masyarakat yang sayang para penguasa tidak tahu. Barang kali kerupuk itu sudah saatnya diganti dengan gaplek, dan pesertanya dikalungi kertas bertuliskan GAKIN!

yang lain silahkan di cari sendiri.

Kembali ke masalah patriotisme, Drajat satpam tak kalah patriotis. Dia namakan anaknya dengan nama Nesia. Lengkapnya Indonesia Raya. Umurnya 6 tahun. tapi nggak sia sia nama itu diberikan. Nesia begitu suka dengan lagu lagu naional. Tidak seperti teman-temannya yang pada seneng Keong racun.

Lha, dua hari yang lalu, ada lomba nyanyi lagu nasional tingkat erte. Nesia ikut. Hanya saja panitianya sempat dibuat bingung.

"Adik Nesia mau nyanyi lagu apa?", tanya panitia yang bertugas ngelekton.
"Bende", jawab Nesia. Bende adalah alat musik pukul semacam gong kecil. Hampir sama dengan thong thong milik es tong thong. Cuma agak besar. Dan tidak ada lagu nasional yang judulnya bende!

"Itu kan bukan lagu nasional? Nggak boleh, dik?. Harus lagu nasional!", Panitia coba meluruskan.
"Ini lagu naional kok!", jawab Nesia lagi.

Karena Nesia tetap bersikukuh dengan lagu Bende nya, maka panitia menyerah.
"ya sudah, dik Nesia nyanyi saja!".

Nesia pun mengambil mikrophon dan bernyanyi dengan lantang

"Bendera merah putih
bendera tanah airku
gagah dan jernih tampak warnamu
berkibaran dilangit yang biru
bendera merah putih
Bendera bangsaku"

gravatar

sayange pitulasan cuma jadi seremonial tanpa arti, pakde... dadine sok nyebai. ra koyo semangate nek lagi nariki sumbangan...

gravatar

salam sahabat
umbul umbul itu kan bendera ragam warna ta???jadi kangen kampoeng halaman hixixixix....meriah yach...ikutan nyanyi wae aku ben ga lali negarane ckckckck

gravatar

hidup merah putih!!! gimana jadinya yaa tujuh belasan di bulan ramadhan ? hehe :)

dianaurora.blogspot.com

gravatar

jadi pengen liat Pitulasan ala Betawi di Jakarta sini, standar sih sama: plorotan jambe alias panjat pinang qe3

gravatar

skrg acara pitulasan barng sm bln puasa, ya smoga sj masih tetap semangat ngejalanin nya, hehe .. :) seru jg kl liat acara lomba di pitulasan, lucu ...

gravatar

semangat kemerdekaan di muLai dari diri sendiri untuk Lebih berbenah diri sebagai generasi yang ingin menjadi teLadan bagi generasi sebeLumnya.
saLam kemerdekaan.

gravatar

Di hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini alangkah indahnya juga diisi dengan kegiatan yang bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Banyak saudara-saudara kita yang hidup dalam kemiskinan dan kurang beruntung. Apa rasa syukur kita yang 'paling tepat' dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia ini ? Trims sharingnya. Bahan refleksi dan renungan yang bagus bagi kita semua. Salam sukses.

gravatar

tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita....

Smoga saja, Hut kemerdekaan kita yang bertepatan dengan Bulan Ramadhan ini membawa hikmah dan berkah untuk semua bangsa Indonesia.. amiin..

Nb. Aku paling suka lomba makan kerupuk, walau kalah.. mesti kenyang.. hahaha

gravatar

Apapun alasannya...mari semangat tidak hanya untuk menyambut dan memperingati kemedekaan aja, tapi juga semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.. :)

gravatar

well, disini tujuh belasan ga rame, plg cm syukuran tumpengan aja, tp thn ini bertepatan dg bln ramadhan.., jd pst beda ntr acrnya....biarpun beda, yg penting esensi dr acr tsb nyampe. met 'pitulasan' he3...MERDEKA!

gravatar

Jangan sampai pitulasan dadi petilasan ya kang, soale banyak anak sekarang sing podo keblinger ngerayain pitulasan hura-hura keliwat batas, mabuk-mabukan banjur numpak motor kebut-kebutan.

gravatar

agustus kali bertepatan dengan romadhon, pas banget dengan 65 tahun yang dulu, sukarno-hatta diculik para pemuda juga pas selesai makan sahur.

Dengan sangat lagi hormat, mohon nggak naruh link di komen anda.. kesannya nyepam gitu... makasih. :D

Postingan Populer