gravatar

Bingung Judulnya Apa!

Bingung mau kasih apa judulnya. Nggak SEO juga biarin. Sing peting posting!

Lagi bingung ngisi formulir seharga Rp. 50.000,- untuk mbayar pajak srupa x, ada yang nawari jasa pengisian formulir itu. "Saya isikan formulirnya, mas, duaribu". Saya nggak mau. Bukannya uthil, tapi memang saya pingin ngisi sendiri formulir istimewa itu. Mau mbayar pajak, ngisik formulir, eh harga formulirnya lima puluh ribu.

Formulir pun saya isi. Clingak clinguk juga. Ada yang nggak tahu mau diisi apa. Wong nggak ada contekannya di BPKB. Ya sudah dikosongi saja. He he, tau gitu, mending biar diisikan sama mas mas tadi, bayar 2000, beres!

E, malah ingat waktu masih jaman nggaya nggayanya kuliyah di seputaran mbulak sana, ikut belajar sama patih mojopait di Yogyakarta. Dulu, sempat juga berpetualang sebagai juru ketik kartu sakti berbekal ketrampilan sebelas jari dan brother jilian. Berkantor di grapika lor sarjito.. sambil lesehan neng suket..

Selembar kartu yang berisi nama, no induk, fakultas, sama alamat, plus bonus nempelin foto, mbayarnya saat itu sekitar lima ratus rupiah. Lumayan, jaman semana sehari bisa sampai 30 kartu, lha rak 15.000,- Wow.. pulang bisa langsung pesta miyayam di depan esempe songo Yogyakarta. Saat itu masih baru barunya yang namanya miyayam. Semangkok plus saos kates penuh pewarna semaunya, cuma seputaran seribu pa ya?. Lha naik kobutri masih sekitar 300 rupiah sak jebole pantate.. ya itu tadi.. cukup menunjukkan kartu sakti tadi.

Mau tahu berapa biaya kuliyah di mojopait dulu? Ada yang 16.000 satu semester,30.000, angkatan ku 120 ribu sudah termasuk tabungan KKN. Paling tinggi 700.000,-. Awal masuk sana cuma mbayar administrasi 100rb sudah dapat buku sama jaket almamater. Itu saja masih didemo sama mahasiswa.

Lha sekarang? Tetangga saya, fakultas ekonomi, jurusan akuntansi, baru masuk sudak kena 100 juta. Duit semua itu, nggak ada krewengnnya!. Hiks, jadi ingat juga, beberapa tahun yang lalu, ada cerita dari lulusan esema, termasuk kategori bodho, wong dia sendiri yang bilang. Tapi pingin bukti bahwa dia bisa diterima di mojopait. Lha pas UMPeTaN, ngawur dia, asal ngebloki formulir. Tapi pas ada form tentang berapa dia sanggup bayar uang awal masuk atau semacamnya, dia isi dengan 125.000 juta!.

Hasilnya? Dia dapat panggilan dan diterima di mojopait. Tapi duit nya sapa yang dipake mbayar? Simbok bapaknya saja cuma buruh pasar! yang penting dia bisa berbangga pada teman temanya. "Tuh buktinya, saya keterima di mojopait!" sambil menunjuk pigura di ruang tamunya yang tidak terpisah dengan amben tidurnya.

Kembali ke samsat.

Setelah diisi semua, formulir dikembalikan ke loket, tunggu panggilan. Pas dapat kuitansi kaget juga, di kolom denda tidak ada isinya, padahal sudah terlambat 15 hari. Lha kok bisa? Baru tahu setelah ada yang bilang "Tahun genap adalah tahun penuh ampunan denda keterlambatan bayar pajak sepeda motor".

Pajaknya cuma 153.000,- tapi administrasinya sendiri 50.000,-. hampir sepertiganya. Kok isa ya? Administrasi itu cemban masih wajarlah. Mosok segitu sih? Ah mbuhlah, tanya saja sana sama gayus!

gravatar

masih ada pungli ya...

gravatar

iya ya Sob.... sekarang kuliah koQ muahal bgt .... apalagi Tk Sob.. wah lebih2 kuliah tuh ponakanku.......Susah emank... mungkin ada bagusnya juga wacana pemangkasan rupiah hhe.....

Semangat n happy blogging Sob....

gravatar

Wah emank begitu Sob.. aku juga kmaren bayar pajak naik 20% kata orang samsatnya.....

Slam knal Sob aku Follow sekalian(sejarah bangsa)...D'tgu Follow'y...

gravatar

aku isikan mas, rasah mbayar ning formulire kirimke ke Jakarta pake TIKI satu hari sampe qe3 *malah tombok*

Aku kebagean duit sekolah neng pinggir Selokan Mataram lor kono, Rp 225 ewu. Ngalami registrasi neng Grafika to mas? qe3

gravatar

@Inung : wah lehku ngeling ngeling grafika ra ketemu ketemu. matur nuwun grafika nya...:D

gravatar

Pernah main ke rumah teman di suatu komplek perumahan, kita mau beli kue, lalu minta tolong ke pa Satpam. Harga kuenya Rp. 10.000 tapi ongkosnya 2kali lipat.

gravatar

masih mending tuh. ga pake tambahan uang pijet...
hahaha...

gravatar

salam sahabat
ehm judulnya sich sederhana namun isinya muantab mas..thnxs ya

gravatar

Postingan yang mnarik mas...!!!
Kalau mahal Relatife hehehehe...!!

gravatar

Hoalah, uang jasa administrasinya segitu... :D

gravatar

walah iyo aku agustus yo pajek motor hoda astrea ku kae pakdhe, ha ha bar niliki estenka , jebul isih suk tanggal wolulas, wah seket ewu yo formulire, ha nek motor saya itu pajeke gur 87ewu je, mosok formulire 50 ewu, halah, tapi bedo ora yo pajek neng Sleman karo neng Bantul, mosok sama-sama Yogyakarta regane bedo?

gravatar

keknya yg enak judulnya.. samsat di jaman mojopait kang... gmn?!?!?!

ps holic

gravatar

ngeri ya mas liat biaya2 skrg, entah itu resmi atau "upah" hehehe, mungkin karn itu ya mau ada perubahan uang rupiah wkwkwkw

gravatar

lha sampeyan teng mBulaksumur pakultas menopo nggih? angkatan pinten... ? :D

gravatar

kampus apa yah bisa segitu mahaL uang masuknya, ckckckck...
biaya adminstrasinya enggak sebanding dengan biaya pajak.

gravatar

Lha kang kulo mbiyen sak semester cuman Rp 80 ewu, maklum harga nasi sepiring Rp 750 sudah kueenyannggg.
Emang jaman sekarang jaman edan, lha wong ada anak SMP saja masuk ke SMA favorit, nyogok 20 juta kok ya mauu, tobat-tobat negeri penuh dengan orang-orang .....

gravatar

dah ada name+url-nya... hore...

gravatar

wah ini yg aku tunggu2 dari awal.. akhirnya ada name/urlnya hhe.. kan jadi gampang aku komentar ga perlu pake openid hhe....

semangat n met aktivitas Sob..

gravatar

la semua kan ada harganya tho jaman skrg...he3, hdp gayus!..lho??

Dengan sangat lagi hormat, mohon nggak naruh link di komen anda.. kesannya nyepam gitu... makasih. :D

Postingan Populer